Madrasah Kita

Berbagi Info Seputar Pendidikan

SELAMAT DATANG, PARA REKAN DAN SAHABAT KHUSUSNYA SELURUH WARGA MIFTAHUL ULUM KARANGWOTAN DAPAT MENGAMBIL MANFAAT DARI SEMUA YANG TERSEDIA DI WEB INI. TERIMA KASIH

Manfaat Melaksanakan Kegiatan Study Tour



Study tour merupakan kegiatan di luar kelas yang bertujuan untukmempelajari proses yang sebenarnya langsung di lapangan.Tour diadakankarena kebutuhan siswa untuk mendapatkan pengalaman secara langsung.Hal tersebut diadakan karena tidak mungkin menghadirkan setiap peristiwake dalam kelas untuk dipelajari dan diamati.
Beberapa manfaat study tour antara lain:
1.    Menyediakan sumber yang dapat memperkaya informasi factual yang tercantum dalam buku, dan membuat teks dalambuku menjadi berarti.
Terkadang hanya dengan membaca buku saja siswa akan merasa jenuh dan tidak dapat meresapi secara uruh penjelasan dalam buku.Study tour memberikan solusi masalah ini,  karena siswa dapat  secara langsung terjun ke lapangan melihat atau mengamati objek pembelajaran. Hal itu menjadikan isi dalam buku menjadi lebihmenarik untuk dipelajari.

2.    Mengembangkan sikap ingin tahu peserta, dan memperluaspengertian
Study tour adalah program pembelajaran siswa langsung ke lapangan, dengan melihat dan mengamati secara otomatis akan timbul perasaan ingin  tahu siswa  dan keinginan  siswa untuk lebih banyak bertanyakarena tidak   mampu  menjelaskan  fenomena  yang ia  amati secara langsung di  lapangan. Dengan mendapatkan penjelasan secara langsung dari pakar, siswaakan  lebih  banyak  tahu tentang  objek  pembelajaran dibandingkanhanya   sekedar membaca buku.

3.    Menyediakan pengalaman melalui objek, tempat, situasi,danhubungan antar manusia yang tidak dapat disediakan di kelas.
Tidak semua peristiwa dan objek pembelajaran dapat dihadirkandalam kelas, oleh karena iyu study tour dapat memecahkan masalah ini  melaluipenelitian langsung kelapangan.

4.    Mempertajam kesadaran siswa terhadap lingkungan.
Dengan melakukan pengamatan langsung ke lingkunganobjekpembelajaran siswa akan lebih mengenal cirri- ciri dan karakteristiklingkungan yang khas sesuai dengan objek yang diteliti.
5.   Mengenalkan  siswa tentang  kemungkinan bidang kerja atau karir yang bisa  mereka  masuki sesuai  dengan cita-cita mereka.
Study tour dapat menumbuhkan rasa tertarik siswa terhadap objekyang diamati, mungkin saja setelah kegiatan selesai siswa akan lebih banyak mencari tahu untuk memuaskan rasa ketertarikannya  terhadap objek yang diamati. 
Hal itu menyebabkan siswa inginbekerja sesuai dengan bidang yang siswa minati ketika mengamatiobjek.
6.     Memadukan kelas dengan komunitas terbaru dan lingkunganyang lebih besar dan lebih berarti.
Dengan terjun langsung ke lapangan siswa akan menyatu dengankomunita baru di luar kelas sehingga akan ada hal-hal baru yangmenarik dan unik.
7.  Mempererat keakraban dengan teman satu kelas dan melatihkerjasama antar siswa dalam suatu kelompok.
Ketika study tour berlangsung siswa akan menemui hal-hal baru yangbaginya menarik, hal-hal baru ini akan ia share dengan teman-temansehingga akan menambah keakraban.Melalui kegiatan study tour siswa dituntut untuk dapat membuatlaporan yang baik dengan cara berkelompok, laporan yang baik tidakmungkin terwujud apabila tidak ada kerjasama yang baik antar siswadalam suatu kelompok.
8.     Memberikan suasana relaksasi di tengah rutinitas yangterkadang menjemukan.
Kepadatan situasi pembelajaran dalam kelas dan mungkin juga rasabosan terhadap lingkungan yang dari hari kehari hanya itu-itu sajamembuat siswa menjadi  jenuh. Dengan diadakannya study tour  akan memberikan  relaksasi  dan  penyegaran di tengah kepadatan  pembelajaran dalam kelas  yang monoton



Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manfaat Melaksanakan Kegiatan Study Tour "
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top