Madrasah Kita

Berbagi Info Seputar Pendidikan

SELAMAT DATANG, PARA REKAN DAN SAHABAT KHUSUSNYA SELURUH WARGA MIFTAHUL ULUM KARANGWOTAN DAPAT MENGAMBIL MANFAAT DARI SEMUA YANG TERSEDIA DI WEB INI. TERIMA KASIH

Manfaat Kegiatan Lomba Bagi Peserta Didik

Lomba adalah kompetisi yang yang bagus untuk meningkatkan kreatifitas siswa. Lomba biasa dilaksanakan dalam rangka hari - bari besar, baik islam maupun hari besar Nasional. Berikut manfaat kegiatan lomba bagi para siswa :


1. Meningkatkan Kreatifitas 
Seorang siswa dalam melakukan kegiatan lomba pasti akan berusaha dengan sungguh - sungguh untuk memenangkan perlombaan tersebut. Hal ini memacu seorang siswa untuk menggali sedalam - dalamnya tentang materi perlombaan yang diselengkarakan. 

2. Meningkatkan Ketangkasan 
Pada lomba - lomba yang membutuhkan tehnik dan skil tentu ini sangat membutuhkan kemampuan siswa. Pastinya mereka akan bersungguh - sungguh agar kemampuanya dalam kegiatan perlombaan tersebut keluar secara maksimal. dengan kata lain secara tidak sadar itu dapat memupuk ketangkasan seorang siswa 

3. Memupuk Mental 
Sudah pasti ketegangan dalam sebuah perlombaan selalu dialami oleh para peserta lomba. Hal ini disebabkan karena dorongan psikis dalam diri siswa karena disaksikan oleh orang banyak, dan tentunya rasa takut untuk terlihat buruk di mata para penonton. Oleh karena sangat baik siswa yang sering melakukan perlombaan, karena lambat laun mental siswa tersebut semakin lama  akan semakin terbentuk. 

4. Meningkatkan Percaya Diri
Siswa yang tidak pernah melakukan perlombaan tingkat kepercayaan dirinya tentu lebih baik orang yang sering malakukan perlombaan. Hal demikian disebabkan karena pengalaman yang dimiliki oleh para siswa. Semakin siswa berpengalaman maka akan semakin meningkat pula tingkat kepercayaan dirinya. 

5. Sebagai Refresing Pembelajaran
Perlombaan meskipun seolah tampak seperti permainan namun sebenarnya itu adalah sebuah pembelajaran yang tidak disadari oleh para peserta didik. Seolah perlombaan menjadi refresing bagi para siswa yang jenuh dengan materi pelajaran yang hampir setiap hari dijejalkan pada otak peserta didik. Dengan perlombaan sejenak siswa akan melupakan materi pelajaran dan beralih pada kegiatan perlombaan yang sebenarnya itu juga masih masuk dalam kegiatan pembelajaran. 

6. Dapat Hadiah 
Nah ini adalah tujuan dari setiap perlombaan. Siapa yang tidak senang jika dalam perlombaan mendapatkan juara. Ini adalah imbalan bagi para siswa yang kreatif dalam perlombaan. 


Demikian Manfaat Kegiatan Lomba Bagi Para Siswa. Semoga memberikan manfaat yang sebesar - besarnya. Terima Kasih
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Manfaat Kegiatan Lomba Bagi Peserta Didik"
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top